Peresmian Jurusan GSE

JOGJA FLIGHT – Pada Kamis 20 Desember 2018 kemarin, bertempatkan di Jogja Airport Resto, Jogja Flight Indonesia kedatangan tamu spesial yaitu Bapak Gunawan, Bapak Charlie dan Ibu Ataline yang merupakan tim dari Kementerian Perhubungan yang datang untuk menyerahkan Sertifikat/Approval diklat Ground Support Equipment (GSE).

Ibu Ataline menyerahkan approval tersebut langsung kepada Direktur Utama Jogja Flight Indonesia, Bapak Andi Kurniawan.

Sehingga mulai hari itu, Jogja Flight Indonesia secara resmi bisa membuka diklat jurusan GSE untuk menghasilkan personil-personil yang mempunyai keahlian di bidang GSE.

Tentang Ground Support Equipment (GSE)

Ground Support Equipment adalah peralatan-peralatan darat pendukung penerbangan yang membutuhkan operator dalam pengoperasiannya. Sedangkan Aircraft Marshaller adalah juru parkir pesawat udara, yang mengarahkan dan memberikan aba-aba kepada pilot sampai pesawat udara terparkir dengan sempurna.

Atau jika dikutip dari halaman wikipedia, GSE adalah sebagai berikut:

Ground support equipment ( GSE ) adalah peralatan pendukung yang terdapat di bandara, biasanya di apron, area servis oleh terminal. Peralatan ini digunakan untuk melayani pesawat di antara penerbangan. 

Seperti namanya, peralatan pendukung darat ada untuk mendukung pengoperasian pesawat saat berada di darat. Peran peralatan ini umumnya melibatkan operasi tenaga darat, mobilitas pesawat, dan operasi pemuatan kargo / penumpang. Inilah peran penting bagi kalian yang ingin mendalami dan sekolah penerbangan pada jurusan GSE.

Banyak maskapai penerbangan mensubkontrakkan penanganan darat ke bandara atau agen penanganan , atau bahkan ke maskapai penerbangan lain. Penanganan di darat membahas banyak persyaratan layanan pesawat penumpang antara saat pesawat tiba di gerbang terminal dan waktu keberangkatan untuk penerbangan berikutnya.

Kecepatan, efisiensi, dan akurasi penting dalam layanan penanganan darat untuk meminimalkan waktu penyelesaian (waktu selama pesawat tetap diparkir di pintu gerbang).

Cabang Ilmu GSE Jogja Flight

Berikut ini adalah cabang ilmu GSE yang ada Jogja Flight Indonesia,

  1. Push Back Tractors,
  2. Ground Power Systems,
  3. Air Starter Systems dan
  4. Aircraft Marshalling

Gallery Peresmian Diklat GSE

Jurusan GSE di resmikan Kemenhub untuk Sekolah Pramugari JOGJA FLIGHT INDONESIA
Serah Terima Approval GSE dr Kemenhub kepada Jogja Flight Indonesia. Jurusan GSE Resmi dari Kemenhub

Dengan diterimanya approval GSE ini, Jogja Flight Indonesia menjadi satu-satunya sekolah staf penerbangan yang mempunyai lisensi terlengkap. Dan juga siap mencetak personel2 yang ahli dibidang jurusan GSE yang mampu bersaing di era modern ini.

Acara pun ditutup dengan menikmati menu2 andalan Jogja Airport Resto di dalam pesawat. Para tamu2 dari Kementerian Perhubungan tersebut dijamu langsung oleh Bapak Andi Kurniawan. (idr)

IMG 1621 Sekolah Pramugari JOGJA FLIGHT
Serah Terima Approval GSE dr Kemenhub kepada Jogja Flight Indonesia

Diklat JOGJA FLIGHT INDONESIA

Update Februari 2021 – Jogja Flight Training Center merupakan member dari Jogja Flight Indonesia yang menyelenggarakan diklat berlisensi dari Kemenhub. Jogja Flight Training Center mempunyai 4 izin penyelenggaran diklat, yaitu:

  1. Aviation Security (AVSEC)
  2. Dangerous Goods (DG)
  3. Flight Operation Officer (FOO), rating Airbus A-320
  4. Jurusan Ground Support Equipment (GSE) yang terdiri dari:
    • Aircraft Towing & Pushback Tractor (ATT),
    • Baggage Towing Tractor (BTT),
    • Ground Power System (GPS),
    • Air Starter System (ASS), dan
    • Aircraft Marshaller

Info lengkap mengenai program pendidikan Diklat Berlisensi Kemenhub bisa di lihat dihalaman Pendidikan.

Pendafataran Diklat GSE

Cara pendaftaran bisa dilihat di informasi pendaftaran jurusan GSE atau Anda bisa melakukan pendaftaran dengan metode dibawah ini:

  1. Pendaftaran Online
  2. Datang ke Kampus
  3. Melalui Guru BK
  4. Melalui Layanan Hotline /WhatsApp

Perlu diketahui, Bahwa JOGJA FLIGHT INDONESIA adalah satu-satunya Sekolah Pramugari yang memiliki Izin Operasional Resmi dan Lab Mini Airport Pesawat Penumpang di Indonesia.

Anda bisa menemukan Cabang /Admisi di 20 Kota besar di Indonesia Antara lain: Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Jambi, Kalimantan, Padang, Medan, Bandung dan kota-kota besar di Indonesia. Anda bisa menemukan kontak jogja fligt disini.

Artikel ini di Update 24 Februari 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *